Kamis, 14 Juli 2011

Pengertian Obat Herbal

Pengertian Obat Herbal, Pada Kesempatan pertama ini saya ingin sedikit membahas mengenai pengertian atau definisi Obat herbal, sebelum kita mengenal lebih jauh mengenai definisi Obat herbal, berikut ini beberapa Keutamaan pengobatan alamai ini baik dari Al-quran maupun hadist dari Nabi Muhammad SAW mengenai keutamaan obat alami ini
Pengertian Obat Herbal


"Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (An Nahl 16:69)

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." (Yunus 10:57)

Rosulullah SAW bersabda "Gunakanlah Habbatussauda, sesungguhnya di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan dari segala penyakit, kecuali mati" (Al Hadits)

Pengertian Obat Herbal

Obat herbal adalah obat yang berasal dari tumbuhan yang diproses/ diekstrak sedemikian rupa sehingga menjadi serbuk, pil atau cairan yang dalam prosesnya tidak menggunakan zat kimia. Misalnya jamu, obat tolak angina cair, dsb. Seperti kita ketahui obat herbal dapat menyembuhkan penyakit dengan efek samping yang minim karena dibuat dari bahan-bahan yang alami, tidak seperti obat-obat sintetis yang dapat memberikan efek samping baik secara langsung maupun setelah waktu yang lama.

Sedangkan definisi pengobatan herbal (herbalism) adalah pengobatan tradisional atau pengobatan rakyat mempraktekkan yang didasarkan pada pemakaian tumbuhan-tumbuhan dan ekstrak tumbuhan. Herbalism juga dikenal sebagai pengobatan berkenaan dengan penggunaan tumbuhan untuk pengobatan, medis secara herbal, obat herbal, herbology, dan phytotherapy. Kadang-kadang lingkup dari obat bahan tumbuhan yang dipergunakan diperluas termasuk produk-produk jamur dan lebah, mineral-mineral, kulit/kerang-kulit/kerang dan bagian binatang tertentu.

Pengobatan herbal atau herbalism telah dipraktikkan sejak dulu. Pada zaman Rasulullah SAW, beliau menggunakan obat-obat herbal seperti habbatusaudah untuk mengobati beberapa penyakit. Keampuhan obat herbal memang tidak diragukan lagi, sejak dulu hingga pada zaman yang sangat moderen seperti sekarang ini. Obat herbal saat ini telah diproduksi mengikuti perkembangan zaman sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi.

sumber : http://herbalqu.blogspot.com/2009/02/definisi-obat-herbal-obat-herbal-adalah.html

Pengertian Obat Herbal


Pengertian obat tradisional atau Obat Herbal berdasarkan Peraturan Menteri kesehatan Nomor 246/Menkes/Per/V/1990 Pasal 1 menyebutkan bahwa : Obat tradisional atau Obat Herbal adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan galenik atau campuran dan bahan-bahan tersebut, yang secara traditional telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman

Obat herbal adalah obat yang berasal dari tumbuhan yang diproses/ diekstrak sedemikian rupa sehingga menjadi serbuk, pil atau cairan yang dalam prosesnya tidak menggunakan zat kimia. Obat Herbal bisa berupa jamu, loloh, dan berbagai jenis yang di kembangkan lebih banyak secara tradisional oleh masyarakat. Seperti kita ketahui obat herbal dapat menyembuhkan penyakit dengan efek samping yang minim karena dibuat dari bahan-bahan yang alami, tidak seperti obat-obat kimia atau obat sintetis yang dapat memberikan efek samping baik secara langsung maupun setelah waktu yang lama.

Sumber: http://obatherbalplus.com/uncategorized/obat-herbal/

Dari Keterangan mengenai pengertian obat herbal diatas kami harapkan bisa memberikan manfaat bagi para pencari informasi mengenai obat obatan herbal ini,